Faktor Faktor Tersebut adalah:

1. Berapa kecepatan yang diberikan oleh source atau sumber Internet dalam hal ini adalah si Internet Provider atau ISP.
Kecepatan internet biasanya disebut bandwidth dan diukur dalam satuan Byte per detik( Bps ) atau bit per detik(bps). Bedanya adalah 1Byte=8bit. INGAT byte biasanya ditulis B sedangkan bit ditulis b.

2. Media penghubung antara si user dan ISP .
kapasitas media tersebut harus lebih besar dari kapasitas source yang diberikan oleh ISP. Jenis media yang digunakan juga mempengaruhi kualitas internet yang diakses terutama untuk tingkat kestabilan.
Untuk media Kabel kualitas dan kestabilannya adalah yang terbaik, sedangkan untuk media yang non kabel seperti wireless atau apapun bentuknya seperti wi-fi atau jaringan 3G dan 3.5G masih tergantung pada kualitas sinyal yang diterima oleh modem atau perangkat Radio Frequency (RF) yang yang dipakai.

3. Faktor yang cukup penting adalah prilaku user dalam mengakses internet. Saat anda mengakses suatu website(BROWSING) sebenarnya yang terjadi adalah anda melakukan aktivitas yang namanya download cuma bedanya dengan mendownload suatu file adalah anda tidak tahu berapa besar file yang anda download. Tidak semua website memiliki file yang sama besar, tergantung pada isi atau content dari website tersebut. Biasanya website dengan content yang banyak gambarnya, video streaming atau game online memiliki file yang cukup besar ukurannya sehingga terasa lebih lambat jika dibandingkan dengan kalau kita mengakses website yang hanya berisi text file saja. Semakin besar isi dari website tersebut semakin lambat akses kita ke website tersebut. Berdasarkan rumusan berikut: Waktu akses adalah besarnya file yang akan didownload atau diakses DIBAGI Kecepatan internet(Bandwidth).
Selain itu adalah penggunaan aplikasi (software) untuk mempercepat download file bisa menyebabkan kegiatan seperti browsing menjadi lambat.

4. Faktor keempat adalah lokasi di mana website yang hendak kita akses menyimpan filenya atau server yang melayaninya. Contohnya website-website internasional seperti yahoo amerika tentunya servernya ada di Amerika.
Hal tersebut tidaklah menjadi masalah jika ISP yang anda gunakan memiliki kapasitas bandwidth yang tersedia sama besar antara ke website lokal dan ke website internasional tetapi jika tidak, tentunya pasti ada perbedaan waktu akses antara website lokal dan website internasional.

5. Jumlah user internet dalam satu local area network atau LAN.
Jumlah user pun mempengaruhi kecepatan akses internet.
Hal ini sangat masuk akal karena semakin banyak user maka semakin banyak file yang didownload( lihat faktor 3 ) sedangkan kapasitas internet tidak bertambah alias tetap. Dan juga prilaku tiap user pun berbeda-beda.

Silahkan menambah faktor-faktor yang sudah anda alami selain yang sudah saya sebutkan, nanti saya edit atau saya tambahkan :P thanks..