Gartner Group telah mengumumkan 10 teknologi utama yang akan mengubah cara kerja dunia teknologi informasi dalam 5 tahun mendatang seperti prosesor multicore dan hybrid, teknologi-teknologi social networking, web mashup dan cloud computing.
Berbicara di Gartner Emerging Trends and Technologies Roadshow, David Cearly mengatakan bahwa 10 hal di bawah ini akan mengubah dunia.
  1. Multicore and hybrid processors
  2. Virtualization and fabric computing
  3. Social networks and social software
  4. Cloud computing and cloud/Web platforms
  5. Web mashups
  6. User Interface
  7. Ubiquitous computing
  8. Contextual computing
  9. Augmented reality
  10. Semantics
Tampaknya beberapa prediksi Gartner kali ini ada benarnya. Prosesor multicore sudah berada di mana-mana, virtualisasi sudah merupakan salah satu komoditi terpanas di dunia teknologi hari ini, dipimpin oleh VMWare
yang telah menjadi perusahaan publik, dan Sun juga dalam waktu dekat ini mengakuisisi VirtualBox.
Situs-situs social networking terus bermunculan, dan aplikasi-aplikasi yang telah ada juga banyak yang menambahkan elemen social networking ke dalam pelayanannya, lihat saja Flickr dan Google Reader, ditambah lagi dengan banyaknya korporat yang telah mulai menggunakan aplikasi berbasis web 2.0
(setidaknya di AS).
Cloud computing - lihat saja dengan banyaknya aplikasi menggunakan cloud platform seperti Amazon Web Services. Wordpress di awal tahun ini meningkatkan kapasitas penyimpanannya gratisnya dari 50MB menjadi 3GB, dan mereka dapat melakukan hal ini karena didukung infrastruktur Amazon S3. Google juga telah membuka infrastrukturnya ke dunia sebagai Google App Engine.
Dan dari segi user interface, kemungkinan besar teknologi input multitouch yang dipelopori iPhone dan terbukti ampuh akan semakin populer dan ditiru oleh produsen-produsen elektronik lain, seperti Surface dan TouchWall.
Bagaimana menurut Anda? Berikan contoh-contoh lain apabila Anda setuju dengan poin-poin di atas. Quisys