ShoutBox merupakaan tool atau widget yang berupa kotak kecil berisi pesan singkat, sapaan, kritik bahkan ocehan tidak asing bagi Anda yang nyambi sebagai blogger. Rekan-rekan blogger sering menggunakan media ini untuk saling  "meninggalkan jejak" berupa link blog atau websitenya saat berkunjung (alias blogwalking) ke blog lain.
Kenapa memakai ShoutBox?
Mungkin karena shoutbox lebih praktis, lebih cepat prosesnya, dan lebih mudah dilihat oleh pengunjung lain atau si pemilik blog, maka tool ini lebih dipilih oleh rekan blogger.

Sebelum memasang shoutbox ini di website Joomla!, kita harus mendapatkan kodenya terlebih dahulu dengan mendaftar ke salah satu layanan penyedia shoutbox ini. Beberapa di antaranya adalah :
  1. http://www.shoutmix.com.
  2. http://www.cbox.ws/
  3. http://free-shoutbox.net/
  4. dan lain-lain, silahkan minta bantuan mbah google ...
Mari kita daftar dulu untuk mendapatkan account gratis.
  1. Misal buka situs http://www.shoutmix.com. Lakukan pendaftaran seperlunya.
  2. Jika pendaftaran Anda berhasil, Anda langsung disuruh memilih tipe shoutbox yang disediakan, pilihlah bentuk yang dikehendaki. Klik tombol Continue.
  3. Setelah itu Anda akan mendapat ucapan "Terima Kasih" lalu klik link Go to My Control Panel Now.
  4. Disitu Anda bisa men-setting terlebih dahulu shoutbox Anda, misalnya Style & Color, Date & Time, dan lain-lain.
  5. Jika sudah selesai klik menu Get Codes
  6. Jika Anda ingin meletakkan shoutbox di blog pilih "Place Shoutbox on Webpage"
  7. Atur lebar dan tinggi shoutbox di kolom widht dan hight
  8. Kemudian Copy kode yang ada di dalam kotak "generated Codes", copy code Anda di notepad.
Sudah dapatkan code-nya? Ok, sekarang kita pasang di web Joomla! Anda ....
Untuk menginstal kode shoutbox ke dalam Joomla! Anda, perlu satu module khusus yang harus diinstall di  yaitu Blank Module dan dapat Anda download di sini. Selanjutnya install module tersebut melalui control panel. Setelah selesai ikuti tahap selanjutnya...
  • Login pada backend joomla administrator, gunakan ID dan password anda.
  • Klik extensions kemudian module manager. Cek jika ada module tersebut dalam status disable (silang merah), jika ada klik pada modul dan lakukan pengeditan, jika tidak ada klik tombol New, module_new

  • Selanjutnya copy script yang telah anda persiapkan dan paste di kolom snippet. Isi data-data yang perlu seperti pada gambar: posisi widget, besar kotak (Paling mudah gunakan %), dan yang penting enable supaya terlihat di frontpage.
  • Jika telah yakin semua beres, klik tombol apply dan preview hasilnya, jika perlu perbaikan ulangi lagi dan save jika sudah final.

Semoga bermanfaat ...