Bagian 2: Holodeck di USS Enterprise NCC-1701D

 
Pada bagian 1 dari artikel ini, kita telah belajar mengenai variabel dan operasi matematika sederhana terhadap variabel di PHP. Konsep dasar require() dan include() juga sudah kita kenal. Kali ini kita akan mencoba untuk melanjutkan sedikit mengenai cakupan variabel, sebelum berlanjut pada pengolahan form HTML.

Bar Ten-Fourty
 
Dalam pemrograman, seringkali kita ingin menggunakan variabel dengan cakupan yang berbeda-beda. Ada variabel yang kita inginkan untuk digunakan di seluruh program atau sering disebut variable global, ada variabel yang hanya ingin kita gunakan di dalam cakupan sebuah fungsi atau prosedur.
Variabel dalam PHP memiliki cakupan dalam konteks variabel itu didefinisikan. Umumnya variabel PHP hanya memiliki cakupan tunggal saja. Anda tidak perlu khawatir dengan keterbatasan ini, karena ternyata kita dapat memperluas cakupan variabel dengan memanfaatkan fungsi require() dan include() yang telah kita pelajari. Untuk lebih jelas, mari kita lihat contohnya pada program coba7.php di bawah ini.