Bagi yang sering melakukan blogwalking pasti sudah akrab dengan shoutbox yang ada di blog-blog yang telah dikunjungi. Apa itu shoutbox? Shoutbox adalah sebuah tool atau widget yang dapat kita gunakan untuk beriteraksi dengan pengunjung. Maksudnya? Maksudnya adalah pengunjung bisa meletakkan pesan pendek di shoutbox ini, sehingga kita bisa tahu apa pesan yang disampaikan oleh pengunjung. Jika masih belum paham juga, silahkan Anda lihat di sebelah kanan blog saya ini dan jangan lupa diisi..

Kenapa tidak menggunakan kotak komentar yang ada dibawah postingan?
Jawabannya adalah karena shoutbox lebih praktis, lebih cepat prosesnya, dan lebih mudah dilihat oleh pengunjung lain atau si pemilik blog. Beda dengan komentar yang jika kita ingin melihatnya maka kita harus melihat postingan secara lengkap, bagaimana jika komentarnya berada di topik-topik yang berbeda pada postingan blog kita? pasti akan merepotkan buat kita untuk melacaknya kecuali blog kita sudah diberi fasilitas recent comment atau kometar terakhir.

Nah, sebenarnya untuk memasang shoutbox di blogspot tidaklah sulit. Kita hanya perlu mendaftar di layanan yang menyediakan tool tersebut, dan kita akan mendapatkan sebuah script yang bisa langsung kita pasang di blog kita.

Shoutmix
Shoutmix adalah tool shoutbox yang saya rekomendasikan untuk dipasang di blogspot karena free, desainnya yang cukup bagus, ringan, dan mudah dalam proses registrasinya. Dan tentunya mudah pula dalam memasangnya di blogspot.
Baiklah, sebagai bahan belajar saya akan memberikan tips atau tutorial pemasangan shoutbox dalam hal ini shoutmix di blogspot. Berikut ini langkah demi langkah yang bisa Anda lakukan, semoga berhasil.. :)
  1. Melakukan Pendaftaran Shoutbox di Situs Shoutmix, Langkah pertama yang harus dilakukan agar kita bisa memasang shoutbox di blogspot tentu saja adalah mendaftar di situs penyedia tool shoutmix ini. Silahkan klik www.shoutmix.com untuk mendaftar di situs mereka yang beralamat www.shoutmix.com. Proses pendaftarannya sangat mudah, silahkan ikuti instruksi yang diberikan.
  2. Ambil Script Shoutbox, Jika Anda sudah melakukan pendaftaran, sekarang ambilah script shoutbox atau shoutmix yang diberikan oleh mereka.
  3. Pemasangan Shoutbox di Blogspot, Langkah selanjutnya adalah memasang shoutbox di blogspot, caranya:
  •  Login ke dashboard blogspot Anda
  •  Masuk ke tab menu Layout dan pilih submenu Page Element
  •  Tambahkan sebuah widget baru dengan tipe Javascript/HTML
  •  Isikan title/judul dari widget Anda
  •  Letakkan script kode shoutbox yang telah Anda peroleh di situ shoutmix
  •  Simpan widget tersebut
Jika langkah-langkah pemasangan shoutbox/shoutmix sudah Anda lakukan dengan benar sesuai tutorial di atas, maka sekarang shoutbox dengan tipe shoutmix sudah bisa Anda nikmati di blog kesayangan Anda. Sekian semoga bermanfaat, Cheer...