Banyak orang yang beranggapan salah dalam melihat kilobits dengan kilobyte per detik.  Sehingga sering orang berasumsi bahwa kecepatan mereka tidak mendapatkan hasil yang maksimal.

Pada saat anda memutar musik atau video klip melalui internet, player pada umumnya menampilkan data rate dalam kilobits per second (Kbps). Tetapi pada internet browser dan file transfer software lainnya (lihat gambar dibawah) selalu ditampilkan dalam satuan kilobytes per second (KB/Sec atau KBps), yang mana hal ini berbeda dengan kilobits per second (Kbps).



Figure 1. Kecepatan Download 2 Mbps

Hal ini menyebabkan banyak kerancuan yang sering terjadi pada pelanggan internet awam. Pelanggan sering beranggapan bahwa kecepatan mereka dapat tidak sesuai dengan yang dijanjikan oleh penyedia jasa.
Dalam dunia komputer 1 byte sama dengan 8 bits silahkan lihat daftar.  Artinya 1 megabyte sama dengan 8 megabits. Lalu, apabila browser Anda menampilkan transfer rate 194 KB/Sec (lihat gambar diatas), artinya sama dengan Anda men-donwload pada kecepatan 194 x 8 kilobits per second (Kbps), atau sebesar 1552 Kbps.

Dengan kata lain, apabila Anda pelanggan Dedicated International 64 Kbps akan ditampilkan transfer rate lebih kurang 8 KB/Sec atau KBps.  Nilai ini masih tergantung pada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan.