Kali ini, saya akan mencoba membagi pengetahuan aku mengenai instalasi mikrotik. Setelah konsultasi ama mbah google, akhirnya sukses juga dalam melakukan installasi mikrotik. Ternyata instalasi mikrotik tidak sesulit yang aku kira, waktu yang diperlukan dalam penginstalannya pun cukup singkat, berlangsung 10 sampai 20 menit saja.

Menarik bukan.......?
Bagi yang belum punya sofware mikrotik, silahkan bisa langsung download dari situs resmisnya, anda bisa langsung download disini. Ukurannya lumayan kecil kog, sekitar 17 Mb.


Oce, langsung saja masuk ke installasi mikrotik :
1. Download file ISO mikrotik di sini
2. Setelah itu, burn file iso tersebut ke dalam CD. hati-hati burn dalam keadaan image file, kalo salah caranya bisa-bisa anda tidak akan bisa booting dan masuk ke mikrotik.
3. Setting BIOS anda dalam keaadaan first boot dari CD-ROM
4. Restart komputer, pastikan seperti gambar berikut ini
5. Pilih package mikrotik yang ingin di install, aku sarnkan lebih baik di instal semua. Caranya dengan menekan tombol A, atau jika ingin memilih-milih gunakan space bar untuk mencetak package yang ingin di install
Setelah package terpilih, tekan tombol I untuk mulai instalasi
6. Akan muncul konfirmasi "do you want to keep old configuration? [y/n] " jika jawab Y berarti anda akan menggunakan settingan mikrotik sebelumnya.
7. Setelah itu muncul konfirmasi "erase data" jawab saja Y, setelah itu, tunggu proses instalasi selesai.
8. Reboot komputer anda, jangan lupa CD nya di keluarkan..
9. Biasanya, pada tahap akhir ini mikrotik akan melakukan chekking integrity disk, setelah proses cheking selesai proses intalasi anda selesai.
 Selamat mikrotik adan telah terinstal.
10. Masukkan user "admin" dan password di kosongi saja
 11. Finish...

Mudah bukan.... Tapi tunggu dulu, kalo kita lihat, mikrotik yang anda install hanya mempunyai masa trial 24 jam saja alias 1 hari. Tapi gak apa2 untuk tahap latihan hal itu bukan masalah, toh kalo lisensi habis kamu bisa format lagi.
Mungkin lain kali, saya akan bahas bagaimana mengcrack mikrotik. Tunggu saja artikelnya...

Selamat mencoba.... :D

Source : http://herymustofa.blogspot.com